Senin, 30 April 2012

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Manfaat madu bagi ibu hamil, sudah terbukti baik. Madu mengandung asam folat, yang merupakan nutrien penting bagi pertumbuhan janin. Asam folat merupakan nutrien penting bagi pertumbuhan janin. Zat ini (asam folat) sangat dibutuhkan pada masa awal kehamilan karena ia membentuk janin atau bayi yang dilahirkan nanti tidak mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf. Jadi jelas bahwa madu sangat baik dikonsumsi ibu hamil.

Adapun tradisi kuno, dari negeri Cina, madu baik digunakan untuk membantu mempermudah proses kelahiran. Hal ini dilakukan dengan cara menjadikan madu sebagia cairan pada otot dengan tingkat konsentrasi 80%. Para ahli di Cina mengetahui bahwa ibu hamil yang diberi madu proses kelahiranya menjadi lebih mudah karena membantu dalam proses terjadinya pembukaan liang sehingga kelahiran bayi akan lebih cepat. Ini dapat terjadi karena madu mengandung zat prostagelandine yang dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar.

Selain manfaat di atas, madu bagi ibu hamil juga bermanfaat dalam hal :
1. Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan
2. Menambah nafsu makan bagi ibu hamil
3. Untuk melindungi Janin dari keracunan

Bagi orang Indonesia pada umumnya, madu juga dapat membantu ibu pada saat menjalani masa-masa nifas. Pemberian madu pada saat ini sangat penting karena madu mempunyai zat gizi yang tinggi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu saat menyusui. Oleh karena itu sangat disarankan mengkonsumsi madu setiap hari selama masa nifas. Ini pun banyak direkomendasikan oleh banyak dokter di Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar